Selasa, 03 Maret 2009

JAKARTA, SENIN - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Mansyur Ramli mengatakan, nilai rata-rata hasil Ujian Nasional atau UN di jenjang pendidikan menengah atas tahun ini naik dibandingkan tahun lalu.

Hal itu diungkapkannya dalam Rapat Kerja Departemen Pendidikan Nasional dengan anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat, Senin (16/6).

Untuk Sekolah Menengah Atas, nilai rata-rata hasil UN secara nasional tahun ini 7,2 atau meningkat dibandingkan tahun lalu yang nilai rata-ratanya 7,16. Sedangkan, untuk Sekolah Menengah Kejuruan nilai rata-rata hasil UN 7,10 secara nasional atau naik dari tahun lalu yang nilai rata-ratanya 6,9.

Peningkatan tidak hanya di sekolah yang berfasilitas baik. Menurut Mansyur, daerah yang fasilitasnya terbilang rendah ternyata juga meningkat nilai rata-rata UN-nya. Terlebih lagi, batas nilai standar yang ditetapkan pemerintah juga meningkat dan jumlah mata pelajaran bertambah.

Mansyur mengatakan, pihaknya belum menerima laporan dari Badan Standar Nasional Pendidikan atau BSNP soal hasil UN secara nasional. Namun, dia memperkirakan ketidaklulusan untuk UN tahun ini di level pendidikan menengah atas sekitar delapan persen atau turun satu persen dibandingkan ketidaklulusan tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar