Rabu, 27 Mei 2009

Living Values Activities for Children Ages 3-7( Pendidikan Nilai untuk Anak Usia 3-7 tahun) Pengarang : Diane Tilman and Diana Hsu. Cetakan pertama : Januari 2004

MENYIAPKAN KONTEKS

Kebutuhan akan nilai-nilai

Hari ini kita menyaksikan semakin banyak anak di dunia yang menjadi korban kekerasan, masalah-masalah sosial yang semakin meningkat dan kurangnya sikap saling menghargai antar manusia dan terhadap lingkungan sekitar. Banyak dari mereka yang percaya bahwa bagian dari solusinya adalah penekanan pendidikan nilai. Living Valuas: An Educational program (LVEP) di buat sebagai jawaban dari kebutuhan akan nilai-nilai.

Tujuan-tujuan LVEP

v Untuk membantu individu memikirkan dan merefleksikan nilai-nilai yang berbeda dan implikasi prraktis bila mengekspresikan nilai-nilai tersebut dalam hubungan dengan diri sendiri, orang lain, masyarakat dari seluruh dunia.

v Untuk memperdalam pemahaman, motifasi bertanggung jawab saat menentukan pilihan-pilihan pribadi dan sosial yang positif.

v Untuk mengispirasi individu memilih nilai-nilai pribadi, sosial, moral, dan spiritual dan menyadari metode-metode praktis dalam mengembangkan dan memperdalam nilai-nilai tersebut.

v Untuk mendorong para pengajar dan pengasuh memandang pendidikan sebagai sarana memberikan filsafat-filsafat hidup kepada para murid, dengan demikian memfasilitasi pertumbuhan, perkembangan dan pilihan-pilihan mereka sehingga mereka bisa berinteraksi dengan masyarakat dengan rasa hormat, percaya diri dan tujuan yang jelas.

Kondisi saat ini

LVEP adalah kelompok nirlaba berupa kerja sama antar pengajar di Seluruh dunia. Para pengajar di seluruh dunia sangat di dorong untuk menggunakan budaya negara mereka masing-masing yang kaya sambil mengintegrasikan nilai-nilai yang di ajarkan ke dalam aktivitas sehari-hari dan kurikulum.

Dalam rangkaian LVEP, aktuvitas refleksi dan visualisasi membantu paramurud untuk menggunakan kreativitas dan bakat-bakat mereka. Aktivitas komunikasi mengajarkan mereka untuk mengimplemetasikan keterampilan sosial yang penuh damai.

BAGIAN PERTAMA

Unit Keagamaan

Butir-butir Refleksi Kedamaian

v Kedamaian adalah ketenangan di dalam diri.

v Kedamaian adalah perasaan yang menyenangkan di dalam diri.

v Kedamaian adalah ketika orang-orang saling rukun dan tidak berkelahi atau saling memukul.

v Kedamaian adalah berpikir positif tentang diriku sendiri dan orang lain.

v Kedamaian dimulai dari dalam diri kita masing-masing.

Unit Kedamaian

TUJUAN: Untuk memperkaya pengalaman kedamain.

SASARAN KHUSUS:

v Untuk membantu anak-anak menjadi tenang dengan mudah, mematuhi petunjuk untuk tenang dalam waktu satu menit.

v Untuk membantu anak-anak menikmati ketenangan dan kedamain.

v Untuk membantu anak-anak meningkatkan kemampuan mereka berkosentrasi.

v Untuk mengespresikan kedamaian melalui seni.

v Untuk menyanyikan tentang kedamaian.

TUJUAN: Untuk meningkatkan pengetahuan tentang kedamaian.

SASARAN KHUSUS

v Untuk membayangkan dunia yang damai dan bisa mengominasikan melalui kata-kata dan/atau lukisan-lukisan, bagaimana dunia itu terlihat dan rasa.

v Untuk bermai dengan boneka-boneka, memeragakan interaksi yang damai.

v Untuk bisa membicarakan satu atau lebih Butir-butir Refleksi Kedamaian.

TUJUAN: Untuk membangun keterampilan penyelesaian konflik.

SASARAN KHUSUS:

v Bagi anak-anak yang sudah bisa mengucapkan satu kalimat penuh untuk bisa mengatakan:”Tangan kita untuk memeluk, bukan untuk mendorong teman.”

v Untuk bisa mendengarkan orang lain saat latihan penyelesaian konfil dan mengucapkan kembali kata-kata kunci dari apa yang diucapkan tersebut.

v Untuk menunjukan lewat kata-kata dan/atau lukisan –lukisan apa saja yang mereka sukai dan tidak sukai.

v Untuk menunjukan lewat kata-kata dan/atau lukisan tindakan-tindakan baik yang mereka lakukan.

Pelajaran-pelajaran Kedamaian

Butir-butir refleksi kedamaian bisa menjadi acuan mendefinisikan nilai ini. Sering kali butir-butir refleksi digunakan sebagai fokus pertama saat mempelajari nilai atau bisa menjadi topik diskusi diskusi sebagai bagiandari seni bahasa. Untuk anak-anak usia lima hingga tujuh tahun, guru bisa menggunakan beberapa dalam kalimat-kalimat sebagian dari pelajaran membaca, mengeja, dan menulis. Mereka bisa melukiskan atau menggambarkan butir-butir mereka atau mengarang cerita singkat.

PELAJARAN 1 KEDAMAIAN

Membayangkan Dunia yang Damai

Kedamaian sering kali menjadi nila yang pertama diperkenalkan di sekolah atau ruang kelas. Bila seluruh sekolah mendukung program nilai, kemunkinan besar sudah ada pembicaraan tentang kedamaian.

Diskusi/Berbagi

v Siapa yang bisa bercerita pada saya tentang kedamaian?

v Apakah kedamaian?

v Apakah arti dunia yang damai?

Katakanlah:”jawaban-jawaban kalian sangat benar.” Iyakanlah semua jawaban mereka dan ucapkanlah terima kasuh pada mereka.

Membayangkan Dunia yang Damai

Bimbinglah anak-anak dalam latihan berimajinasi ini. Ucapkanlah kalimat-kalimat di bawah ini, berhentilah sejenak di setiap titik-titik.

Dikusi/Berbagi

Ajaklah anak-anak untuk membagi pengalaman mereka. Iyakanlah setiap jawaban mereka.

Aktivitas

Mintalah anak-anak untuk menggambarkan di atas kertas apa yang telah mereka bayangkan tersebut

Nyanyikanlah Lagu Kedamaian

Ada banyak sekali lagu anak-anak tentang kedamaian dalam berbagai bahasa di dunia. Pilihlah salah satu yang anda sukai untuk anda ajarkan pada anak-anak. Atau buatlah sebuah lagu dengan irama dan lirik sederhana. Anak-anak sangat senang bernyanyi. Nyanyikanlah sebuah lagu kedamaian setiap hari

PELAJARAN 2 KEDAMAIAN

Cerita Bintang

Persiapan untuk guru: bila anda mengajar anak-anak usai tiga hingga lima tahun, buatlah sebuah bintang damai dari kertas-kertas berwarna biru atau merah mawar. Taburilah bintang itu dengan hiasan yang mengkilap, atau hiasan sebebas anda. Awalilah dengan menyanyikan lagu kedamaian.

Perkenalan: Katakanlah, ” bintang-bintang sangat indah di langit. Bintang-bintang bersinar dan berkelip-kelip di langit. Salah satu cara kita bisa merasakan kedamaian dalam diri kita adalah dengan memikirkan bintang-bintangdi langit dan membayngkan diri kita menjadi seperti mereka.

Diskusi/Berbagi

”cerita bintang” dan beberapa butir refleksi kedamaian berikut ini: salah satu arti kedamaian adalah memiliki perasaan yang menyenangkan di dalam diri. Tanyakanlah pada anak-anak.

v Siapa yang bisa bercerita tentang bintang damai yang memiliki yang menyenangkan di dalam dirinya?

v Ada yang bisa memberikan contoh lain?

Aktivitas

Ajaklah anak-anak untuk membuat gamdar ”Cerita Bintang”. Anak-anak usia enam dan tujuh tahun bisa menambahkan beberapa kalimat tentang gambar mereka tersebut.

PELAJARAN 3 KEDAMAIAN

Bintang-Bintang

Diskusi/Berbagi

Ktakanlah pada anak-anak,”Salah satu butir refleksi kedamaian adalah’Kedamaian adalah ketenangan di dalam diri .’ Bisahkah kalian menjelaskan artinya?” Iyakanlah jawaban mereka.

Aktivitas

Mintalah ank-anak untuk membuat sebuah bintang. Untuk anak-anak balita, anda bisa membuatkannya untuk mereka terlebih dahulu. Atau anak-anak usia enam tahun bisa membantu anak-anak yang lebih kecil. Mintalah anak-anak untuk menghiasi bintang-bintang tersebut dengan bahan yang anda sudah siapkan. Tutuplah aktivitas ini dengan menyanyikan lagu kedamaian.

PELAJARAN 4 KEDAMAIAN

Boneka-boneka Damai

Membayangkan anak-anak yang damai di dunia yang damai

Bimbinglah anak-anak dalam latihan berimajinasi ini. Ucapkanlah kalimat-kalimat di bawah ini, berhenti sejenak di setiap titik-titik.

Diskusi/Brbagi

v Seperti apakah dunia damai yang telah kamu bayangkan tersebut?

v Bagaimanakah tinkah anak-anak dalam imajinasimu tersebut?

v Apa sajakah yang mereka ucapkan?

v Permainan papkah yang kamu mainkan?

v Bagaimana ank-anak yang lainya bisa rukun?

Aktivitas

Buatlah boneka-boneka damai. Mulailah pada anak-anak. Katakanlah pada anak-anak bahwa mereka membuat boneka-boneka damai supaya boneka-boneka itu bisa memperagakan dunia damai yang telah mereka bayangkan tersebut.

PELAJARAN 5 KEDAMAIAN

Bermain dengan Boneka-boneka Damai

Diskusika butir refleksi kedamaian berikut ini: kedamaian berarti berpikir positif tentang diri sendiri dan tentang ornag lain.

v Apakah artinya?

v Apa yang akan di katakan oleh boneka damai?

v Apa yang akan di lakukan oleh boneka damai?

v Apa yang tidak akan di lakukan oleh boneka damai?

Aktivitas

Lanjutkanlah membuat boneka-boneka damai yang belum selesai. Guru bisa mendemonstrasika kepada kelas bagai mana bermaian dengan boneka-boneka damai.berilah waktu pada anak-anak untuk bermaian dengan boneka damai yang telah mereka buat.

PELAJARAN 6 KEDAMAIAN

Melukiskan Kedamaian

Bimbinglah anak-anak dalam latihan bintang damai dari penjelasan 3.

Diskusi/Berbagi

v Bagai manakah rasanya menjadi tenang?

v Kapankah kamu merasa sangat damai?

v Bila kedamaian berwarna, warna apakah menurutmu?

Iyakanlah semua jawaban mereka secara positif.

Aktifitas

Mainkanlah permaian burung merpati yang telah di mainkan oleh anak-anak di pelajaran sebelunya. Jelaskanlah tekebih dahulu peraturan-peraturannya, kemudian mintalah anak-anak untuk melatih jawaban –jawaban verbal saat sampai di kotak bergambar burung mepati dan kontak bergambar burung merpati.

BAGIAN KEDUA

Unit Penghargaan

Butir-butir Refleksi penghargaan

v Menghargai berarti merasakan bahwa diri saya baik.

v Menghargai berarti mengretahui bahwa diri saya unik dan berharga.

v Menghargai berarti menghargai diri saya sendiri.

v Menghargai berarti mengetahui bahwa saya dapat di cintaai dan mencintai.

v Menghargai berarti menyukai siapa diri saya sebenarnya.

Unit Penghargaan

TUJUAN: Untuk menanbah pengalaman akan menghargai diri sendiri.

SASARAN KHUSUS:

v Menyatakan sesuatu yang baik yang mereka lakukan.

v Menikmati latihan bintang rasa menghargai, dengan duduk tenang selama melakukannya dan menujukan rasa senang melakukannya.

v Menyatakan dirinya sendiri sebagai anak yang dapat di cintai dan memiliki kemampuan.

v Bagi setiap anak dapat menyatakan daua atau lebih keastimewaan positif dari dirinya masing-masing

TUJUAN : Untuk menambah pengetahuan tentang penghargaan

SASARAN KHUSUS:

v Mampu menyatakan satu/lebih tentang nilai mengargai.

v Berbagi cerita tentang menghargai melalui kata-kata dan gambar.

TUJUAN: untuk membangun kemampuan dalam membina hubungan saling menghargai.

SASARAN KHUSUS:

v Menyatakan kepada teman sekelas satu atau dua keistimewaan positif yang mereka lihat dalam dir teman mereka.

v Dapaat menghargai sesama dengan cara mendengarkan orang lain ketika mereka berbcara, seperti yang mereka contohkan dengan mampu mendengarkan orang lain sewaktu mereka disukai.

v Mengetahui dan menggambar mengenai kebiasan-kebiasaan baik dari sesama.

v Dapat berbicara dengan hormat kedada guru dan teman-teman selama”Latihan Permasalahan”.

Pelajaran-pelajaran Penghargaan

Butur-butir refleksi penghargaan dapat digunakan untuk membantu mencari nilai. Hal tersebut bisa digunakan sebagai hal yang pertama kali ditekankan sewaktu pencarian nilai tersebut atau dapat juga digunakan sebagai bahan diskusi untuk membangun kemampuan berbahasa. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendorong kemampuan anak mendengarkan sebagian penjelasan bahwa menghargai artinya mendengarkan orang lain.

PELAJARAN 1 PENGHARGAAN

Cermin-cermin

Diskusi nilai refleksi penghargaan berikut ini:

v Menghargai artinya mengetahui bahwa saya adalah unik dan berharga.

v Menghargai artinya mengetahui bahwa saya dapat dicintai dan memiliki kemampuan.

Kegiatan cermin, cermin: katakanlah kepada anak-anak bahwa ada seorang anak yang sangat istimewa yang dapat mereka lihat. Anak yang akan mereka lihat ini adalah anak manis, katakan kepada anak-anak bahwa mereka dapat bertemu anak ini.

Katakan kepada anak-anak untuk tidak meberitahukan satu sama lain tentang siapa yang mereka lihat di balik tirai sampai setiap anak mendapat gilirannya untuk melihat. Bila hanya ada sejumlah anak kecil, tunggu sampai anak mendapat giliran untuk melihat ke balik tirai.

Diskusi

Dengarkan reaksi mereka etntang melihat bayangan mereka sendiri dalam cermin. Ulangi nilai refleksi penghargaan bahwa setiap anak adalah unik dan berharga, dan menghargai berarti mengetahui bahwa saya dapat menintai dan memiliki kemampuan

PELAJARAN 2 PENGHARGAAN

Tanganku

Diskusi nilai refleksi penghargaan berikut ini: menghargai artinya merasa diri saya baik. Anak-anak biasanya menyatakan pembuatan yang menolong orang lain yang mereka lakukan pada saat mereka merasa nyaman terhadap diri mereka sendiri. Pastikan bahwa ketika kita melakukan hal-hal yang baik, kita merasa nyaman terhadap diri mereka sendiri ketika merasakan ketenangan.

Diskusi

Anak-anak duduk membentuk sebuah lingkaran atau duduk berkelompok, guru dapat membicarakan mengenai kegiatan di atas dan menarik perhatian dari anak-anak mengenai kegiatan yang dilakukan oleh tangan mereka yang berakibat baik dan berakibat buruk, misalnya memukul/ mencubit orang lain. Tanyakan kepada masing-masing hal-hal baik apa saja yang mereka ingin lakukan dengan tangan mereka.

PELAJARAN 3 PENGHARGAAN

Keistimewaan....dan Kegunaanya

Diskusikan

v Siapakah yang dapat menybutkan beberapa julukan baik yang di berikan ibu atau ayahmu untuk menggambarkan dirimu, atau kata-kata yang telah kita gunakan di sini sebelumnya?

v Kita telah menggunakan kata-kata dapat di ciptakan dan memilih kemampuan.

Anda mungin dapat menambahkan bebrapa kata dalam daftar mereka: baik hati, manis, lembut, bersahabat, penuh cinta, suka memberi. Untuk anak yang berusia tiga tahun, kita dapat mulai dengan hanya satu keistimewaan. Bicarakan tentang hal ini kembali pada hari berikutnya, dan katakan kepada anak-anak untuk memikirkan keistimewan yang kedua.

PELAJARAN 4 PENGHARGAAN

Lily si Macan Kumbang

Diskusikam

Dari cerita tersebut, tanyakanlah:

v Mengapa lily merasa sedih?

v Mengapa lily pergi melarikan diri?

v Apa yang ia lihat ketuka ia bangun dari tidur siangnya?

v Apakah ia terkejut melihat seekor macan tutul dengan bintik-bintik hijau?

v Apakah ia bahagia ketika ia menyadari bahwa ia memiliki semua keistimewaan itu?

Kegitan

Buatlah sebuah gambar mengenai cerita” lily si macan runtul” nyanyikan lagu ”Indah” atau lain mengenai menghargai.

PELAJARAN 5 PENGHARGAAN

Gambar dari Keistimewaan

Diskusikan

Siapa yang masih ingat beberapa nila penghargaan yang pernah kita bicarakan sebelumnya.apakah artinya nenyukai diri kita sendiri? Siapa yang masih ingat beberapa keistimewaan yang kita bicarakan kemarin?

Kegiatan dalam lingkaran dengan menggunakan kalimat sedehana: katakanlah kepada anak-anak untuk berdiri membentuk sebuah lingkaran dan bergandebagn tangan. Setiap anak dalam lingkaran bergiliran, mengatakan satu atau dua keistimewaan dari dirinya.

Kegiatan

Mintahlah setiap anakuntuk menggambarkan dirinya sendiri dan menulskan beberapa keistimwaan dari dirinya pada gambar tersebut. Berikan bantuan kepada anak-anak yang masih kecil untuk menulskan kata-katanya.

PELAJARAN 6 PENGHARGAAN

Mahkota

Kegiatan

Katakan kepada anak-anak bahwa sebagai akhir kegiatan pada hari ini mereka dapat membuat mahkota keistimewaan mereka. Ambillah sebuah kertas yang lebarnya cukup untuk mengelilingi kepala anak-anak. Gambarlah sebuah mahkota di atas kertas tersebut. Gambarlah sebuah segitiga atau parmata sebagai perhiasan pada selembar kertas lain. Anak-anak dapat mewarnai mahkota tersebut dan mengguntingnya. Bantulah anak-anak untuk membuat ukuran mahkota yang tepat dengan menempel atau jepit ujung-ujungnya.

BAGIAN 3

cinta

Butir-butir refleksi Cinta

v Saya dapat dicintai

v Saya mempunyai perasaan cinta didalam diri saya

v Cinta adalah saling menjaga atau memperhatikan

v Cinta adalah saling berbagi

v Cinta berarti ramah

v Cinta membuat saya merasa nyaman

v Cinta berartl saya menginginkan apa yang baik untuk orang Iain.

TUJUAN: Untuk menumbuhkan pengalaman akan Cinta.

SASARAN KHUSUS:

v Menikmati latihan perasaan Penuh dengan Cinta, sebagaimana ditunjukkan dengan duduk dengan tenang selama latihan dan memperlihatkan inti dari kegiatan ketika melakukannya.

v Menunjukkan mengapa mereka dapat dicintai melalui kata-kata

v Menikmati permainan "spon".

TUJUAN: Untuk menambah pengetahuan mengenai Cinta.

SASARAN KHUSUS:

v Mampu mengatakan satu atau lebih nilai-nilai Cinta

v Menyelesaikan kalimat dasar, "Saga merasa penuh dengan cinta ketika

v Mengetahui perbuatan-perbuatan yang menyenangkan yang orang lain lakukan selama diskusi clan kegiatan.

TUJUAN: Untuk membangun kemampuan sosial dalam berbagi dan menyayangi

SASARAN KHUSUS:

v Membuat bentuk hati untuk orang tua atau pengasuh.

v Mendiskusikan bagaimana berbuat sesuatu yang baik untuk seseorang dan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

v Memberikanmasukan yang tepat atau respons ketika munculgejala­geJala konflik yang diberikan oleh orang lain

Pelajaran-pelajaran Cinta

Butir-butir refleksi Cinta dapat digunakan untuk membantu mengartikan kebiasaan mencintai dan bagaimana hal itu terjadi dalam diri kita. Hal tersebut biasa digunakan sebagai hal yang pertama kali ditekankan sewaktu pencarian nilai tersebut atau dapat juga digunakan sebagai bahan diskusi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa. Berikan kesempatan untuk berbagi.Untuk anak usia lima sampai tujuh tahun, guru dapat memilih untuk menggunakan kata-kata atau kalimat-kalimat sebagai bahan bacaan, mengeja clan menulis.

PELAJARAN 1 CINTA

Spon yang Bahagia

Katakaff, "Nilai yang akan kita temui selama beberapa minggu ke­depan adalah Cinta." Tanyakan:

v Siapa yang memerlukan cinta?

v Siapa yang senang jika dicintai?

Reaksi anak-anak biasanya cepat dan mengikuti pertanyaan. Terima dan iyakanlah reaksi mereka. Katakan, "Saya rasa kita semua setuju bahwa cinta itu penting". Katakan kepada anak-anak bahwa Anda akan mem­bacakan sebuah cerita. Bacakan cerita "Spon yang bahagia" kepada anak-anak (Lampiran cerita 3).

Diskusi/Berbagi

v Di manakan spon tinggal?

v Apa yang mengejutkan spon ketika la melihat gadis kecil itu?

v Apa yang spon jelaskan kepada Marion? Kapankan spon merasa sedih?

v Apa yang spon lakukan ketika seseorang merasa sedih atau march:

v Bagaimanakah kesamaan spon dan Marion?

Kegiatan

Buatlah sebuah gambar atau lukisan mengenai cerita "Spon yang bahagia” Perkenalkan latihan "mengisi diri dengan cinta" dengan mengata­kan, "setiap orang memiliki jauh di dalam dirinya, dam mereka tidak menggunakannya, dan kemudian cinta itu mengering. Dan mereka men­jadi sering sedih dan march, karena mereka lupa bagaimana merasaka

v Pernahkah kalian merasa sedih?

v Pernahkah kalian merasa marah?

"Ya, kita semua terkadang merasa sedih dan marah kita lupa bagai­mana kita dapat merasakan cinta di dalam diri kita. Jadi, hari ini kita akan berlatih untuk merasakan cinta di dalam diri kita. Bila kita merasa­kan cinta yang besar di dalam diri kita, cinta itu dapat tumbuh. Cinta di dalam diri kita ini begitu istimewa karena cinta itu dapat membuat kita mencintai diri kita sendiri dan teman kita dan keluarga bahkan masih banyak lagi. Kalian slap untuk berlatih?"

Latihan mengisi diri dengan cinta

"semua duduk dengan nyaman dan biarkan diri kalian menjadi tenang.... Bayangkan ada sebuah lingkaran cahaya berwarna merah muda mengelilingi kita.... Cahaya merah itu penuh dengan cinta.... Cinta itu begitu lembut dan bercahaya dan membuatmu merasa aman.... Cahaya itu mengingatkan akan cahaya yang ada di dalam diriku yang juga penuh dengan cinta.... (saya meresapi cahaya itu dan menikmarti rasanya cinta) .... Saya adalah saya.... Saya secara alami penuh dengan cinta.... (saya meresapi keindahan di dalam diri saya).... Cahaya cinta merah ini selalu berada di sang.... setiap kali saya ingin merasakan cinta di dalam diri saya, saya dapat meresapi asal cinta itu di dalam diri saya dan dapat membuat lebih banyak lagi.

PELAJARAN 2 CINTA

Saya Dapat Dicintai

Diskusikan Nilai Refleksi Cinta berikut ini: Saya dapat dicintai. Tanyakan:

v Apakah maksud saya dapat dicintai?

v Mengapa kalian dapat dicintai?

Dengarkan semua jawaban mereka. Tambahkan, "Dan kalian semua dapat dicintai karena kamu adalah dirimu sendiri." Tanyakan:

v Apakah kalian ingat keistimewaan-keistimewaan positif dari pelajaran tentang Menghargai?

v Katakan semua keistimewaan-keistimewaan positif yang dapat kalian ingat. (Tuliskan pada papan tulis atau selembar kertas besar.)

Katakan, "Sekarang saya ingin kalian menyebutkan empat keistimewaan yang kalian miliki."

Kegiatan

Buatlah gambar dirimu sendiri, dan tubs di bawahnya, "Saga dapat cinta karena Anak yang masih kecil dapat mengatakan kepada guru kalimat yang inginkan untuk ditul

PELAJARAN 3 CINTA

Permainan Spon

Mulailah mengajarkan sebuah lagu mengenai Cinta. Ajarkan lagu dari budaya yang ada.

Kegiatan

Bacakan cerita "Spon yang bahagia" sekali lagi.Kemudian mintalah anak-anak untuk membuat spon. Mereka dapat dicintai. menggunakan spon yang sesungguhnya atau membuatnya dari gumpal­an kertas berwarna. Mereka dapat menghiasnya dan menambahkan bentuk wajah atau apa saja yang mereka bayangkan.Ketika spon mereka selesai, tanyakan kepada satu-tiga dari anak­-anak untuk membentuk lingkaran dengan spon mereka. Mereka berdiri

PELAJARAN 4 CINTA

Cerita-cerita

Bacakan cerita-cerita mengenai mencintai orang lain dan perbuatan­perbuatan Cinta – cerita yang dapat menumbuhkan cinta. Setiap ke­budayaan memiliki banyak khasanah tentang sifat ini. Pilihlah yang paling di-sukai. Selama waktu berdiskusi, tanyakan anak-anak cara cara mencintai yang ditunjukkan di dalam cerita. Biarkan anak-anak untuk berperan memainkan ceritanya.

PELAJARAN 5 CINTA

jenis-jenis Hati yang Berbeda

Diskusikan

Bicarakan apa yang dimaksud dengan berhati besar, berhati lembut, berhati sedih dan berhati jahat. Tanyakan kepada anak-anak apa arti itu semua bagi mereka. Tanyakan:

v Bagaimana perasaanmu ketika kamu berhati besar?

v Bagaimana perasaanmu ketika kamu berhati sedih?

v Hal-hal apa saja yang dilakukan oleh orang-orang berhati lembut?

v Apa yang perlu dipelajari oleh orang-orang berhati jahat?

Kegiatan;

Mintalah anak-anak untuk menggambar atau melukis sebuah hati yang besar. Mereka dapat memberikan hari itu tangan dan kaki dan buatlah hati dalam gambar itu seperti sedang melakukan sesuatu atau tuliskan kata-kata di sekelilingnya. Mintalah mereka untuk memikirkan seseorang yang ingin mereka berikan gambar itu. Ketika mereka memberikan gambar itu kepada orang yang mereka inginkan, mintalah mereka untuk mengatakan kepada orang itu mengapa mereka merasa orang itu berhati besar.

PELAJARAN 6 CINTA

Buku Hati

Diskusikan

Katakan, "Dalam pelajaran kita sebelumnya kita membicarakan tentang bergai jenis hati: berhati besar, berhati lembut, berhati sedih dan berhatijahat Dapatkah kalian memikirkan jenis hati yang lainnya?" (berhati gembira, berhati keras, dan lain-lain.)

Kegiatan

Perintahkan kepada anak-anak berusia empat sampai tujuh tahun untuk melipat selembar kertas menjadi empat bagian, yang akan menjadi sebuah buku kecil. Mintalah mereka untuk menggambar atau melukis keempat jenis hati yang berbeda dan tentukan apa yang tiap jenis had katakan. Guru dapat menuliskan kalimat yang anak-anak inginkan untuk ditulis di bawah setiap jenis hati. Anak-anak yang ber­usia lima sampai tujuh tahun dapat mencontoh kalimat dari guru atau menuliskan kalimat mereka sendiri. Dengan anak yang berusia tiga tahun (dan anak yang lebih besar jika Anda inginkan), biarkan setiap anak untuk membuat boneka hati dengan cara menaruh sebuah potongan ber­bentuk hati pada sebatang kayu kecil, atau membuat bentuk hati dari pembersih pipa. Anak-anak dapat bermain dengan boneka hati mereka, membuat suara yang berbeda-beda sesuai dengan jenis boneka hatinya

PELAJARAN 7 CINTA

Cinta Berarti Berbagi Hadiah Berbentuk Hati

Diskusikan Nilai Refleksi Cinta berikut ini: Cinta Berarti berbagi. Lalu mintalah anak-anak untuk mengingat suatu waktu ketika seseorang berbagi sesuatu dengan mereka.

v Bagaimana perasaanmu?

v Apa yang kalian inginkan dari anak yang lain untuk berbagi?

v Apa yang kalian inginkan dari ibu kalian (atau ayah atau pengasuh) untuk berbagi?

v Apa yang kalian inginkan untuk berbagi?

v Apakah terkadang sulit untuk berbagi? (bila jawabannya "iya," perhatikan respons-respons yang diberikan, "Iya, terkadang memang sulit untuk berbagi. Apa yang mudah untuk berbagi?")

Hari ini kalian semua akan berbagi sesuatu, dan kalian semua akan

Kegiatan

Berikanlah kesempatan kepada anak-anak untuk membuat sesuatu untuk dimakan yang bentuknya hati. Anda dapat membantu mereka untuk membuat kue-kue bila tersedia oven, atau bila tidak tersedia, mereka dapat memotong sebuah roti menjadi bentukan hati dan menaruh olesan. Mintalah anak-anak untuk membuat satu untuk dirinya sendiri dan satu untuk teman yang lain. Untuk memastikan agar setiap anak akan mendapatkan satu, mereka dapat duduk membentuk lingka-ra-n dan memberikannya kepada orang yang duduk di sebel

mereka. Atau mereka dapat mengunjungi kelas yang lain, membagi hadiah berbentuk hati dari mereka.Mainkan permainan spon yang bahagia

PELAJARAN 8 CINTA

cinta Berarti Memperhatikan

Diskusikan Nilai Refelksi Cinta berikut ini: Mencinti berarti mere-1 perhatikan.

Kegiatan

Mintalah anak-anak untuk membuat sebuah bentuk had untuk ibu atau ayah atau pengasuh mereka. Gunakan bahan-bahan yang tersedlie-i –mungkin mereka dapat membuatnya dari Jilin malam/clay atau me­nyambungkan ke

PELAJARAN 9 CINTA

Penyelesaian Masalah—Berpikir dengan Hatimu

Lakukan latihan mengisi diri dengan. Cinta Diskusikan Nilai Refleksi Cinta berikut ini: Ketika ada cinta di dalam dirimu, kemarahan akan hilang. Tanyakan, "Dapatkah kalian mengingatrtas berwarna atau sedotan suatu waktu ketika hal tersebut terjadi pada diri kalian?" Mintalah anak­anak untuk berbagi cerita.

Kegiatan

Katakan, "Hari ini kita akan melihat bagaimana kita dapat meng­gunakan hati kita dan pikiran kita secara bersamaan untuk belajar. Akan menjadi mudah untuk menyelesaikan masalah dengan sedikit cinta." Buatlah sebuah gambar hati di atas lantai (cukup besarnya untuk dua orang anak berdiri di atasnya). Bicarakan sebuah masalah yang terjadi (atau buatlah situasi yang direkayasa). Mintalah anak-anak untuk ikut Berta memikirkan kembali hal pertama yang menyebabkan masalah tersebut dimulai. Lakukanlah hal ini dengan sikap yang tidak menghakimi. Beritahu mereka berpikir kembali untuk mengidetifikasikan ketika rasa negatif dimulai. Kemudian katakan, "Sekarang saga ingin kalian memikirkan sesuatu yang berbeda yang dapat kalian lakukan pada saat masalah tersebut di­mulai (pernyataan negatif yang pertama). Ketika kalian memikirkan sesuatu hal, langsung pikirkan dengan han." Berikan pujian kepada anak-anak ketika mereka mengatakan sikap mereka dengan hati mereka.

PELAJARAN 10 CINTA

Cinta Itu Berarti SAing Menjaga Lingkungan

Diskusi:

v Apa yang kamu cintai dari lingkunganmu?

v Bagaimana ktia menjaga lingkungan?

Kegiatan

Apabila di sekitar ada ataman atau kebun, mungkin anak-anak dapat pergi ke taman atau kebun tersebut untuk berjalan-jalan dan duduk­duduk di bawah pohon dan melihat-lihat apa yang dapat mereka cintai dari lingkungan. Apabila Anda meminta anda meminta anak-anak untuk hening, jangan lakukan terlalu lama.

Ciptakan kesempatan untuk si anak agar dapat menjaga lingkungan. Mungkin dapat dengan menggunakan ide-ide mereka sewaktu diskusi, mereka dapat berjanji untuk tidak membuang sampah sembarangan atau berencana menanam pohon atau bunga, atau dapat juga mereka menjaga tanaman yang barn tumbuh atau hal-hal lainnya.

PELAJARAN 11 CINTA

Saya Menginginkan Apa yang Terbaik Untukmu

Diskusikan butir refleksi cinta berikut ini: Cinta berarti saga menginginkan apa yang baik untukmu.

v Apa maksudnya?

v Pikirkan seseorang yang dicintai, seperti apakah dia, apa saja yang orang tersebut lakukan?

Apa yang ingin kulakukan untuk orang yang kamu cintai tersebut Perhatikan respons mereka dan kembangkanlah ke dalam terra ' erlkut:

v Apakah orang tua kalian ingin kalian menyantap makanan yang bergizi? Kenapa? (ya,..betul karena mereka mencintai kalian dan ingin kalian sehat. Mereka ingin yang baik untuk kalian).

v Apakah orang tua kalian menyuruh kalian merokok? Tidak, kenapa?

Kegiatan

Ajak anak-anak untuk bermain peran sebagai orang yang mengingin­kan yang balk untuk meerka. Mereka dapat memerankan siapa saja. anak dengan ibu, anak dengan ayah, anak dengan anak, dan sebagainva

PELAJARAN 12 CI NTA

Cinta Berarti Ramah

Diskusikan butir refleksi Cinta berikut ini: Cinta berarti menjadi ramah. Tanyakan kepada anak-anak untuk memikirkan cara untuk me­nunjukkan cinta, mungkin dengan membantu orang tua mereka keti L orang tua mereka sakit, membantu melakukan hal-hal lain ketika orang lain sibuk. Menyapa orang lain, ramah kepada anak barn di sekolah, membuat kartu ucapan apabila ada teman yang sakit, pindah atau yang lainnya.

Kegiatan

Ciptakan dan laksanakan ide-ide yang sesuai dengan situasi sekitar dan usia anak-anak. Setelah diskusi, nyanyikan sebuah lagu

PELAJARAN 13 CINTA

Ulasan Unit Cinta

Diskusi:

v Apa yang kalian nikmati selama kegiatan Cinta beberapa minggu ini?

v Apa yang sudah kalian pelajari?

v Apa yang akan terjadi apabila semua orang Baling mencintai?

Kegiatan

Beri Hama setiap anak dan hal-hal positif yang mereka lakukan. Nyanyikan sebuah lagu dan menarilah.Mainkan permainan spon yang bahagia atau kegiatan lain yang disukai oleh anak-anak. Dan akhiri dengan kegiatna mengisi diri dengan cinta

Butir-butir Refleksi Tanggung Jawab

v Bertanggung jawab berarti mengerjakan pekerjaan saya.

v Bertanggung jawab berarti menjaga.

v Bertanggung jawab berarti mencoba melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya.

v Bertanggung jawab berarti melakukan bagian pekerjaan saya.

v Bertanggung jawab berarti merawat barang-barang.

v Bertanggung jawab berarti membantu orang lain pada saat mereka membutuhkan bantuan.

v Bertanggung jawab berarti bersikap adil.

v Bertanggung jawab berarti membantu untuk menciptakan dunia yang lebih baik.

BAGIAN 4

Unit Tanggung Jawab

TUJUAN: Memperkaya pengalamanbertatiggtmgjawab

SASARAN KHUSUS:

v Menyatakan kebanggaan atas apa yang mereka lakukan.

v Merasakan bahwa mereka harus berjaga pada saat melakukan aktivitas anjing penuntun ataupun aktivitas yang lain.

v Mengalami kepuasan saat membantu orang lain.

TUJUAN: Memperkaya pengetahuan mengenai tanggung jawab

SASARAN KHUSUS:

v Mengidentifikasi tanggung jawab seorang murid baik di rumah maupun di sekolah

v Mengidentifikasi tanggung jawab seorang, guru.

v Mampu membicarakan beberapa butir tanggung jawab.

v Mampu mengidentifikasi tanggung jawab para pemadam kebakaran dan Buster rumah sakit secara umum.

v Mengidentifikasi salah satu cara agar anak dapat membantu menciptakan dunia yang lebih baik.

v Membuat kartu bagi para orang tua yang berisikan hal-hal yang dihargai oleh si anak dari orang tua.

TUJUAN: membangun rasa tanggung jawab

SASARAN KHUSUS:

v Melakukan latihan membersihkan dan menjaga barang-barang yang mereka gunakan.

v Melatih anak untuk mengembalikan barang-barang yang mereka gunakan baik secara individual ataupun berkelompok.

v Mengatakan sesuatu yang positif pada diri sendiri ketika tugas yang diberikan terasa berat.

v Untuk anak-anak yang kurang memiliki usaha, agar mereka dapat meningkatkan usaha dan ketekunan mereka sedikitnya sebanyak dua puluh persen.

Pelajaran-pelajaran Tanggung jawab

Butir-butir Refleksi tanggung jawab dapat digunakan untuk mem­bantu menjabarkan nilai dari tanggung jawab. Butir-butir tersebut dapat digunakan sebagai fokus awal sepanjang waktu yang berharga atau dapat menjadi bahan diskusi sebagai bagian dari seni berbahasa. Berikan ke­sempatan untuk berbagi. Untuk anak usia 5-7 tahun, guru dapat memilih untuk meng­gunakan beberapa kata-kata dan kalimat untuk bercerita, mengerjakan dan menulis. Seiring dengan berlanjutnya unit yang dipelajari oleh anak, mereka dapat menciptakan sendiri butir-butir refleksi tanggung jawab mereka. Setelah itu, mereka dapat menggambar, menulis atau membuat cerita mengenai tanggung jawab.

PELAJARAN 1 TANGGUNG JAWAB

Saya Merasa Bangga

Diskusi

v Apakah tanggung jawab?

v Apakah arti dari tanggung jawab?

Gunakan Butir-butir Refleksi tanggung jawab untuk membantu mendefinisikan kata tanggung j awab. sebagai contoh, "Tanggung jawab adalah melakukan tugas saya. Dalam hidup, tiap orang memilM tugas yang berbeda-beda." Gunakan pertanyaan di bawah ini.

v Apa tugas saya sebagai seorang guru? Apakah tanggung jawab saya?

v Dapatkah Anda memikirkan hal lain yang merupakan tanggung jawab seorang guru? (Ya, membantu murid-murid, memberi penilalan, 33)

v Dan Anda adalah seorang murid. Apakah tanggung jawab Anda? Apakah tugas Anda sebagai seorang murid?

v Bagus sekali. Siapa yang dapat memikirkan tanggung jawab yang lain?

v Apa yang Anda rasakan jika Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda dengan balk?

Katakan, "Merasa bahagia dan bangga pada diri Anda sendiri adalah sesuatu yang menimbulkan perasaan yang balk. Tiap orang memiliki kemampuan, dapat dicintai dan tabu bagaimana cara bertanggung jawab."

Kalimat dasar:

Mintalah anak-anak untuk memikirkan kapan mereka merasa bangga saat mereka memberi pertolongan. Rasa yang timbul pada saat itu adalah rasa bangga yang timbul dari tanggung jawab. Minta mereka untuk berdiri dalam sebuah lingkaran. Mintalah setiap anak yang ada dalam lingkaran tersebut untuk ambil bagian dalam meng­ucapkan kalimat dasar, "Saga merasa bangga saat.

PELAJARAN 2 TANGGUNG JAWAB

Mata untuk Melihat

Diskusikan: Butir-butir Refleksi Tanggung jawab berikut ME

v Tanggung jawab adalah melakukan tugas saga.

v Tanggung jawab adalah menjaga.

Kegiatan

Jelaskan pada anak bagaimana seekor anjing penuntun membantu orang tuna netra. Anjing tersebut sangat bertanggung jawab dan sangat membantu mencan jalan untuk orang yang tuna netra. Anjing itu mem­bantu si tuna netra berjalan di tempat yang aman, berhenti di jalan dan tangga. Saar sedang bertugas anjing itu tidak akan mengejar-ngejar kelinci atau anjing lain. Anjing itu hanya berlari dan bermain pada saat waktu bermain. Untuk melatih diri untuk bertanggung jawab dan mengetahui pentingnya sebuah tanggung jawab, mari kita melakukan permainan "anjing penuntun orang tuna netra". Mintalah tiap anak untuk berpasangan dengan anak yang lain. Salah satu anak berperan sebagai anjing penuntun, dan anak yang lain berpura­pura menjadi orang tuna netra. (Anak yang usianya lebih tua dapat meng­gunakan kain penutup mata. Jangan gunakan kain penutup mata pada anak yang masih kecil, tapi minta mereka untuk menutup mata dan berpura-pura menjadi orang tuna netra. Dengan cara ini, mereka dapat membuka mata saat mereka merasa tidak aman.) Letakkan tangan anak yang "tuna netra" di atas bahu anak yang menjadi "anjing penuntun". Setelah itu, mereka dapat berganti peran. Setelah selesai, tanyakan pada mereka:

v Apa yang kamu rasakan saat berperan sebagai "anjing penuntun"?

v Apa yang kamu rasakan saat berperan sebagai orang tuna netra saat temanmu berperan sebagai anjing penuntun yang hati-hati dan bertanggung jawab?

v Apakah ada yang merasa takut jika si "anjing" tidak akan melaku­kan tanggung jawabnya?

v Apa hal-hal yang harus dilakukan oleh si anjing penuntun?

Kesimpulan, " Ya, kami merasa lebih aman saat orang di sekitar kami bertanggung jawab."

PELAJARAN 3 TANGGUNG JAWAB

Saran untuk Pemilik Anjing di Dunia

Diskusi:

"Dalam pelajaran terakhir, kalian telah bergantian meng­ambil peran sebagai "anjing penuntun". Tanyakan:

v jika kalian adalah seekor anjing penuntun, perlakuan bagaimana yang kalian ingin dapatkan dari majikan kalian?

v Apa yang harus dilakukan oleh si pemilik anjing sebagai tanggung jawabnya? (Memberi makan dan minum si anjing, tidak meng­ikat tali lehernya terlalu kencang.)

jika kamu boleh memberitahukan pada semua pemilik anjing di dunia apa yang diinginkan oleh si anjing , apa

Kegiatan

Gambarlah seekor anjing dan segala cara yang diharapkan dilakukan oleh pemiliknya. Anak yang lebih besar dapat menulis di bawahnya: jadilah orang yang bertanggung jawab. Para guru untuk anak yang lebih kecil mungkin dapat membagikan lembaran kertas bergambar anjing dan barang-barang lain seperti mangkuk makanan anjing, gambar hati dan lain-lain untuk digunting dan/atau diwarnai.

PELAJARAN 4 TANGGUNG JAWAB

Dunia yang Lebih Baik

Diskusikan Butir-butir Refleksi Tanggung Jawab berikut ini: Tanggung jawab berarti membantu menciptakan dunia yang lebih balk.

v Apa arti dari kalimat di atas?

v Apa yang dapat kita lakukan untuk menciptakan dunia yang lebih baik?

Kumpulkan jawaban mereka. Katakan, "Coba pikirkan orang yang sangat kalian sukai. Mengapa kalian menyukai orang tersebut?Ya mungkin kalian menyukai senyuman mereka, atau cinta yang mereka berikan, atau semua memiliki senyum yang cantik. Senyuman membuat dunia lebih indah bukan?"

v Kelas kita (atau sekolah kita) adalah bagian dari dunia. Apa yang dapat kita lakukan untuk membuat kelas (sekolah) kita lebih baik? Kumpulkan jawaban mereka.

Kegiatan

Pikirkan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan di dalam kelas. Kegiatan yang mungkin dapat mendorong ide-ide di atas adalah menanam tanaman. Murid-murid dapat bertanggung jawab dengan me­nanam clan menyirami tanaman tersebut.

PELAJARAN 5 TANGGUNG JAWAB

Menjaga Kebersihan Rumah

Diskusikan Butir-butir Refleksi Tanggung Jawab berikut ini: Tanggung jawab adalah menjaga semua barang-barang.

Yang harus disadari oleh anak:

Saya memiliki hak untuk bermain dan menikmati mainan saya, tapi saya juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga semuanya supaya tetap rapi, bersih dan dalam keadaan baik. Kita dapat Baling membantu untuk menjaga barang-barang tersebut agar tetap dalam keadaan baik.

Kegiatan

Minta anak-anak untuk membersihkan dan menjaga barang-barang yang mereka pakai. Sebagai contoh, anak-anak dalam kelompok kecil dapat memandikan boneka plastik dan mencuci baju boneka dengan menggunakan ember, dibantu oleh sang guru. Setelah itu, mereka dapat menjemurnya hingga kering. Kelompok lain dapat mencuci mainan peralatan dapur mereka. Kelompok yang lain dapat membersihkan rumah mainan. Anak-anak berusia 6 dan 7 tahun dapat mengatur buku, membersihkan daerah tempat mereka bermain, dan lain-lain. Setelah itu, mereka dapat berkumpul dan membicarakan barang apa Baja yang mereka pikir harus mereka jaga, mengapa mereka menganggap barang tersebut penting untuk dijaga dan apa yang dapat merusak barang tersebut. Dengan ini diharapkan anak dapat memutuskan apa yang harus mereka lakukan pada barang-barang mereka clan bagaimana meng­hormad barang milik mereka.

PELAJARAN 6 TANGGUNG JAWAB

Mencoba Semampu Kita

Diskusi/Berbagi:

v Apa tanggung jawabmu di sekolah?

v Apa yang kamu rasakan saat kamu dapat melakukan suatu pekerjaan dengan baik?

v Apa yang kamu katakan pada dirimu sendiri setelah melakukan suatu pekerjaan dengan baik?

v Apa yang kamu rasakan saat mengalami kesulitan?

v Apa yang kamu katakan pada dirimu sendiri saat mengalami kesulitan?

v Dapatkah kamu mengucapkan sesuatu yang positif pada dirimu sendiri saat mengalami kesulitan?

Tambahkan beberapa idemu sendiri, atau minta anak-anak meng­ulangi kalimat-kalimat berikut:

v Saya dapat mempelajari hal ini.

v Sekarang memang sulit, tapi saya dapat belajar dan hal ini akan menjadi lebih mudah.

v Saya dapat melakukannya.

Jelaskan: "Kadangkala orang berhenti bertanggung jawab karena mereka pikir mereka ticlak dapat melakukan suatu hal yang sulit. Tapi tiap orang memiliki kesulitan. Ketika kamu kecil, ada hal yang tidak dapat kamu lakukan seperti Sekarang ini. Seiring dengan bertambahnya usia, kamu bisa melakukan lebih banyak pekerjaan. Salah satu dari butir-butir tanggung jawab adalah: Tanggung jawab adalah mencoba Semampu saya. Saya akan menceritakan sebuah kisah tentang seseorang yang tabu bagaimana cara berusaha." Cerita: Bacakan cerita tentang si Donal bebek yang selalu gagal dalam pekerjaannya, tetapi is tetap bekerja keras tanpa pernah menyerah

PELAJARAN 7 TANGGUNG JAWAB

Penolong yang Bertanggung Jawab

Ulangi kembali kalimat-kalimat yang baik untuk diucapkan pada pelajaran sebelumnya. Tuliskan pada sebuah kertas besar. Diskusikan butir-butir refleksi tanggung jawab berikut: Tanggung jawab adalah melakukan pekerjaan yang merupakan bagian. saga. Minta anak-anak untuk membantu memikirkan apa yang dapat mereka bantu di dalam. kelas. Pikirkan tugas yang sesuai dengan usia mereka seperti mengumpulkan peralatan, membagikan peralatan, mengaduk-aduk, mengelap meja, dan merapikan mainan. Anak-anak dapat membantu mengidentifikasi tugas-tugas lain, clan bertanggung jawab untuk melakukan tugas secara bergiliran. Sikap awal menjadi dewasa dan pengakuan positif dari sang anak sebagai "penolong yang bertanggung jawab" dapat membentuk kader pekerja yang bersemangat dan memiliki keinginan besar. Berikan anak-anak tanggung jawab untuk menjaga clan menyimpan mainan mereka. Untuk anak yang masih kecil, mulailah dari satu boneka yang dipindahkan dari satu tempat. Tekankan bahwa mereka harus mengembalikan barang yang mereka ambil ke tempatnya. Jika mereka mulai mengembangkan kebiasaan tersebut, mulailah menambah jumlah mainannya. Puji clan berikan tanggapan positif atas usaha mereka.

PELAJARAN 8 TANGGUNG JAWAB

Memikirkan Tanggung Jawab

Diskusikan butir-butir refleksi tanggung jawab berikut: Tanggung jawab adalah melakukan pekerjaan saya. Bicarakan mengenai bagai­mana orang-orang di sekolah atau tempat penitipan anak membagi. tugas­nya. Tanyakan:

v Apa tanggung jawab seorang guru?

v Apa tanggung jawab Bapak (atau Ibu)?

v Apa tanggung jawab seorang pemadam kebakaran?

v Apa tanggung jawab seorang dokter?

Kegiatan

Pilihlah beberapa pekerjaan yang dikenal oleh anak seperti pemadam kebakaran, juru rawat, dan lain-lain. Pilih bagian dari seragam yang mereka kenakan seperti topi pemadam kebakaran yang dapat dibuat oleh anak. Atau jika kelas Anda memiliki koleksi baju, lakukan modifikasi pada baju-baju tersebut. Atau minta anak-anak membuat gambar mengenai pekerjaan tersebut dan diskusikan di depan kelas, "Jika saya seorang pemadam kebakaran, saya akan melakukan...." "Jika saya seorang perawat, tanggung jawab saya adalah...."

PELAJARAN 9 TANGGUNG JAWAB

Menghargai Tanggung Jawab Orang Tua

Diskusi/Berbagi

Tegaskan, "Dalam keluarga, anggota keluarga harus Baling berbagi tugas. Kadangkala hal itu dapat berarti tugas untuk bekerja mencari uang untuk membayar rumah, membeli makanan, dan lain-lain. Tapi bisa juga berarti bergantian memasak, mencuci, membetulkan peralatan yang rusak dan mengasuh anak-anak.

v Bagaimana cara Ibu bertanggung jawab?

v Apa saja yang dilakukan seorang Ibu?

v Bagaimana cara Ayah bertanggung jawab?

v Apa saja yang dilakukan oleh seorang Ayah?

v Siapa lagi yang juga memiliki tanggung jawab, dalam keluarga?

v Apa yang mereka lakukan?

Kegiatan

Minta anak-anak membuat kartu untuk ora keluarga yang lain. Mungkin mereka bisa menggambar orang tua mereka ng tua mereka atau anggota yang sedang mengerjakan tanggung jawab mereka di atas kartu tersebut

PELAJARAN 10 TANGGUNG JAWAB

Tanggung Jawab Saya di Rumah

Diskusi/Berbagi

Anak-anak juga bertanggung jawab di rumah. Tanyakan:

v Apa tanggung jawabmu di rumah?

v Apakah membereskan mainan milikmu termasuk tanggung jawabmu?

v Apakah kamu sudah cukup besar untuk membereskan tempat tidurmu?

v Dengan cara apalagi kamu dapat membantu?

Kegiatan

Beri kesempatan pada anak untuk membuat garis besar dari kegiatan yang mereka gambarkan.Kemudian buatlah sebuah daftar dengan judul: "Kira Bertanggung Jawab”

PELAJARAN 11 TANGGUNG JAWAB

Membantu Orang Lain

Diskusikan butir-butir refleksi tanggung jawab berikut:

v Tanggung jawab berarti membantu menjaga.

v Tanggung jawab berarti membantu orang lain pada saat mereka membutuhkan pertolongan.

Kegiatan

Kembangkan rasa tanggung jawab pada anak-anak dengan mem­biarkan mereka membantu anak yang usianya lebih muda. Di tempat penitipan anak, anak yang berusia 4 tahun dapat menjadi bantuan besar untuk anak yang berusia 3 tahun. Berikan kesempatan pada anak untuk membantu orang lain.

BAGIAN 5

UNIT KEBAHAGIAN

Butir-Butir Refleksi Kebahagiaan

v Kebahagiaan datang saat saya merasa memiliki cinta dan ke­damaian di dalam hati.

v Kebahagiaan berarti saat saya memiliki kesenangan dengan teman­teman saya.

v Saat saya disayangi, saya merasa bahagia.

v Saya menyenangi diri saya sendiri pada saat saya melakukan hal-hal yang baik.

v Harapan baik untuk tiap orang membuat saya merasa bahagia.

v Saya dapat memberikan kebahagiaan pada orang lain dengan harapan baik yang saya miliki.

v Saya dapat memberikan kebahagiaan dengan memberikan kata­kata yang seperti bunga, bukan duri.

v Saya dapat memberikan kesenangan dengan berbagi.

Unit Kebahagiaan

TUJUAN: Menikmati pengalaman bahagia

SASARAN KHUSUS:

v Menikmati latihan membayangkan dunia yang bahagia.

v Menikmati permainan dalam kelas bersama anak-anak.

v Menyanyikan dua buah lagu yang menciptakan rasa bahagia.

TUJUAN: Meningkatkan pengetahuan mengenai kebahagiaan

SASARAN KHUSUS:

v Agar anak dapat berkomunikasi mengenai bentuk atau perasaan saat berada di dunia yang bahagia baik melalui kata-kata maupun gambar.

v Menggambarkanbeberapahal balk yang dlungkapkan anak sebagai bagian partisipasi anak dalam diskusi salah satu butir refleksi kebahagiaan: saat saya melakukan tindakan balk, saya bahagia pada diri saya sendiri.

v Menggali perasaan kita saat orang lain mengatakan hal-hal buruk atau baik pada kita.

v Melahirkan sedikitnya tiga ide tentang cara memberikan ke­bahagiaan.

TUJUAN: Melatih kecakapan sosial untuk membangun hubungan yang bahagia

SASARAN KHUSUS:

v Memperkenalkan kata atau kalimat yang dapat menyakitkan orang lain, dan kata atau kalimat lain yang dapat memberikan kebahagiaan pada orang lain.

v Membiarkan anak ikut ambil bagian untuk memberi contoh
bagaimana kita harus sabot pada diri sendiri dan orang lain.

v Melatih anak agar memiliki harapan yang baik untuk setiap orang dalam kelas melalui latihan Menjadi Hening.

v Melatih anak untuk menggunakan kalimat yang asertif, seperti "Tolong beri saya bunga, jangan duri", jika teman sekelasnya mengucapkan kalimat yang menyakitkan.

Pelajaran-pelajaran Kebahagiaan

Butir-butir Refleksi Kebahagiaan dapat digunakan saat kita mem­bicarakan mengenai apa yang membuat kita bahagia dan bagaimana kita dapat memberikan kebahagiaan. Butir-butir tersebut dapat digunakan sebagai fokus utama pada waktu waktu belaj ar yang berharga atau dapat menjadi panduan diskusi sebagai bagian dari seni berloicara. Berikan kesempatan pada anak untuk berbagi. Untuk anak usia 5 – 7 tahun, para guru dapat memilih untuk meng­gunakan beberapa kata atau kalimat sebagai is' untuk bacaan, mengeja dan menulis. Seiring dengan berkembangnya pelajaran anak, mereka

PELAJARAN I KEBAHAGIAAN

Ungkapkan Kebahagiaan

Mulailah dengan melakukan latihan Cinta.

Jelaskan: "Dalam 4 minggu ke depan (atau kapan pun panjang waktunya), kita akan belajar mengenai kebahagiaan. Butir refleksi Kebahagiaan pertama kita adalah":

v Saat saga memiliki cinta dan kedamaian dalam hati, saat itu kebahagiaan datang.

Diskusi/Berbagi

v Apa arti kalimat tersebut di atas?

v Apakah ada yang dapat menjelaskan?

v Dapatkah kamu memikirkan saat di mana hat di atas

Kegiatan

Bentuk satu lingkaran dan minta anak-anak untuk berbagi mengenai hat-hat yang membuat mereka bahagia. Mintalah anak-anak untuk mengugkapkan hat ini dati tempat mereka duduk, atau minta mereka maju ke tengah lingkaran. Respons mereka mungkin termasuk tindakan tersenyum, memeluk atau permainan yang mefryenangkan. Ambit kesimpulan dari jawaban mereka, kemudian pimpin mereka untuk memberikan tepuk tangan. Dalam sebuah lingkaran, mintalah anak-anak untuk berbagi tentang cara mereka berbagi kebahagiaan. Minta mereka untuk mengungkap­kannya kepada anak yang duduk di sebelah mereka.

PELAJATAN 2 KEBAHAGIAN

Gunakan Khayalan Kita

Minta anak-anak untuk duduk dengan nyaman atau berbaring di lantai. "Hari ini kita akan menggunakan khayalan kita lagi untuk mem­bayangkan sebuah gambar. Duduk atau berbaringlah dengan. nyaman dan harap tenang... bayangkan seekor kupu-kupu besar yang bagus sekali. Warnanya terserah kalian. Kupu-kupu ini senang terbang ke tempat di mana hanya orang-orang bahagia yang hidup di sana. Apakah kalian mau pergi ke sana juga? Sekarang, tutup mata kalian dan ,dengarkan. Bayangkan kalian duduk di atas kupu-kupu yang besar dan berwarna bagus tadi, kemudian terbang ke tempat di mana hanya anak­-anak bahagia yang tinggal.... Sekarang kalian sudah sampai ... Apakah kalian bisa melihat wajah-wajah yang bahagia? .... Sekarang, kupu‑kupunya beristirahat di atas rumput di dunia yang bagus itu.

Diskusi/Berbagi

Mints anak-anak untuk berbagi pengalaman mereka.

Kegiatan

Sediakan waktu bagi anak-anak untuk membuat kupu-kupu atau gambar sebuah dunia yang bahagia. Gambarlah sayap kupu-kupu di atas kertas kemudian mints anak-anak untuk mewarnai sayap tersebut. Setelah itu, lekatkkan sayap tersebut ke sebuah tongkat kecil (misalnya tongkat es krim). Gunakan kupu-kupu itu sebagai simbol ketenangan, atau gunakan untuk percakapan sambil bermain pecan.

PELAJARAN 3 KEBAHAGIAN

Bahagia Berard Mengetahui

Diskusi/Berbagi

Katakan, "Ketika kita mempelajari tentang rasa saling menghargai, kita belajar bahwa bagian dari menghargai adalah mengetahui bahwa kita dapat disayangi dan kita memiliki kemampuan. Tiap orang itu dicintai. Satu dari butir refleksi kebahagiaan adalah: Bahagia adalah saat kita mengetahui bahwa kita disayangi."

v Apa arti dari kalimat tersebut?

v Mengapa kamu pikir itu benar?

v Siapa yang menyayangi kamu?

v Apakah tiap orang ingin disayang?

Kegiatan

Mintalah si anak untuk menggambar dirinya sendiri dan orang yang menyayanginya. Pekerjaan rumah: Katakan pada si anak bahwa pekerjaan rumah mereka kali ini adalah untuk memberikan pelukan tambahan untuk setiap orang di rumah mereka. Pekerjaan rumah untuk memeluk: Seat mereka kembali di hari berikutnya, tanyakan pada mereka apa yang terjadi seat mereka melaku­kan pekerjaan rumah mereka. Tanyakan, "Apakah memberikan pelukan merupakan salah satu cara untuk memberikan kebahagiaan pada orang yang kita sayang?" Jika kamu memperoleh kata "ya" sebagai jawaban, Katakan bahwa pekerjaan rumah mereka hari ini adalah kembali memberikan pelukan tambahan pada orang-orang di rumah. Ketika mereka Kembali pada hari berikutnya, tanyakan apa yang terjadi, dan beri mereka pekerjaan rumah yang same setiap hari untuk sepanjang minggu.

PELAJARAN 4 KEBAHAGIAAN

Kotak Kebahagiaan

Diskusi/Berbagi

Bicarakan tentang cerita "Sekolah Hati" kemudian bicarakan me­ngenai semua cara yang dilakukan oleh Mark untuk membantunya merasa bahagia. Kemudian bertanyalah pada anak-anak apakah mereka dapat memberi saran mengenai hal-hal yang dapat membuat mereka lebih bahagia di dalam kelas. Tuliskan semua saran di sebuah kertas yang besar dan diskusikan. Rencana: Bicarakan mengenai semua saran yang didapat dari diskusi sebelumnya. Perhatikan saran mane yang tidak praktis dan fokuskan perhatian Anda pada saran-saran yang praktis. Kemudian, pilih satu saran, pikirkan dan diskusikan ide tersebut. Buatlah sebuah rencana agar saran tersebut dapat diwujudkan. Jika semua orang di dalam kelas dapat mengerjakannya dalam satu rencana yang matang, keberhasilan akan lebih mudah untuk diraih. Kegiatan ini akan mengasah kreativitas dan rasa kebersamaan.

Kegiatan

Guru dapat memutuskan untuk membuat sebuah kotak untuk hal­hal menyenangkan dan tidak menyenangkan. Atau kotak tersebut dapat dibuat terpisah. Namai masing-masing kotak dengan Hama "Bahagia" clan "Tidak Bahagia". Hiasi kotak tersebut sesuka hati dan letakkan di kelas. Bimbing anak-anak untuk menuliskan ide-ide bahagia mereka di etas secarik kertas dan masukkan ke dalam kotak. Mulailah membuat kotak tersebut.

PELAJARAN 5 KEBAHAGIAAN

Cerita

Bacakan cerita "Billy Si Iseng". Cerita ini cocok untuk anak usia lima sampai tujuh tahun. Diskusikan Butir-butir Refleksi Kebahagiaan berikut dan kaitkan dengan cerita tersebut: saat saya melakukan tindakan yang balk, saya bahagia dengan dirt saya sendiri. Tanyakan:

v Apa tindakan baik yang dapat kamu lakukan agar kamu bahagia terhadap dirt sendiri?

v Apa tindakan baik yang kamu lakukan di sekolah?

v Apa tindakan baik yang kamu lakukan di rumah?

v Apa tindakan baik yang kamu lakukan untuk dunia?

Susun daftar tindakan yang anak-anak berikan, tuliskan di papan tulis.

Kegiatan

Instruksikan anak-anak untuk menggambar tentang hal-hal baik yang dapat mereka lakukan.

PELAJARAN 6 KEBAHAGIAAN

Berbagi

Perkenalan: Katakan, "Hari ini kita akan berbicara mengenai ber­bagi. Tiap hari kita berbagi di sekolah, kita berbagi senyum, berbagi meja, pensil warna, gunting, dan lain-lain." Tanyakan:

v Apa lagi yang kita berbagi?

v Kapan kamu merasa ingin berbagi?

v Apakah kadangkala kamu mengalami kesulitan untuk berbagi? Kapan?

v Kapan kamu merasa mudah untuk berbagi?

Diskusikan butir refleksi kebahagiaan berikut: Saya dapat mem­berikan kebahagiaan pada orang lain dengan cara berbagi. Kemudian tanyakan pada anak-anak mengenai apa yang ingin mereka bagi. Mungkin anak-anak dapat melakukan latihan ini pada waktu bermain. Pikirkan bagaimana cara anak dapat berbagi mainan dengan temannya, atau mereka dapat membawa sesuatu yang dapat mereka bagikan dari rumah. Atau buatlah sesuatu di kelas, misalnya permen atau kartu yang dapat dibagikan di kelas. Harap diingat bahwa banyak anak belum slap untuk berbagi sampai mereka menginjak usia empat atau lima tahun. Guru dapat membantu mempermuclah acara berbagi ini dengan menyediakan barang-barang yang jumlahnya sama untuk dibagikan (misalnya jumlah kue yang sama untuk tiap anak).

PELAJARAN 7 KEBAHAGIAAN

Harapan-Harapan Baik

Katakan, "Ada rahasia yang ticlak diketahui oleh semua orang yaitu jika kamu punya harapan baik untuk tiap orang, kamu akan mudah merasa bahagia."

Diskusikan dua butir refleksi kebahagiaan ini:

v Berharap hal yang baik untuk orang lain membuat saya merasa bahagia.

v Saya dapat memberikan kebahagiaan pada orang lain dengan memberikan harapan yang baik

v Apa arti kedua hal di atas?

v Apakah ada yang dapat menceritakan saat ada orang lain memberikan harapan yang baik padamu?

v Apa rasanya pada saat itu?

v Bagaimana cara kita memberikan kebahagiaan pada orang lair dengan harapan baik kita?

"Jadi, marilah kita penuhi diri kita dengan cinta seperti apa va_r_E pernah kita lakukan minggu lalu". Lakukan latihan pemenuhan cinta. Katakan, "Sekarang saga ingin kalian memperhatikan tiap orang yang ada di sekeliling ruangan ini, dan pikirkan mereka dengan cinta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar